Sejarah Lahirnya Kompetisi Liga Champions

Liga Champions UEFA dalam bahasa Inggris adalah UEFA Champions League adalah kejuaraan antarklub sepak bola tahunan antara klub-klub sepak bola tersukses di Eropa, dan sering dianggap sebagai trofi tingkat klub yang paling prestisius di Eropa saat ini.

Liga champion pertama kali dicetuskan oleh sebuah majalah olah raga terbitan Perancis.

Trofi berbentuk piala yang dijuluki "The Big Ears" (Telinga Besar),dan trofi pertama berbeda dengan yang sekarang diperebutkan dibuat oleh Stadellman. Piala yang diperebutkan sekarang adalah edisi keenam.

Pada mulanya kejuaraan ini memperebutkan piala bernama Piala Juara Klub Eropa atau European Champion Clubs' Cup, yang biasanya disingkat menjadi Piala Eropa (European Cup, dan berbeda dari Piala Eropa seperti yang dikenal di Indonesia sekarang ini yang merujuk kepada European Championship).

Kejuaraan pertama kalinya liga champion dimulai pada musim 1955/56 dengan menggunakan sistem gugur,dua kali permainan yaitu laga tandang dan kandang, dan tim dengan skor rata-rata tertinggi maju ke babak berikutnya.

Pesertanya hanya tim-tim juara liga di masing-masing negara, ditambah dengan pemegang juara pada saat itu, yang berhak ikut ajang kompetisi ini tahun berikutnya.

Jadi kejuaraan ini dapat disimpulkan pertama kali dibentuk pada tahun 1955. Dan pada tahun 1992 ditangani oleh UEFA (Union of European Football Associations) dan kompetisinya sampai saat ini dikenal dengan liga champion.

Format baru

Mulai tahun 1992 kejuaran ini berganti format dan namanya pada musim 1992/93. Mulai saat itu, kejuaraan mempunyai tiga babak kualifikasi, satu babak kompetisi grup (tim-tim bermain dalam bentuk "tandang-kandang" seperti kompetisi reguler), dan kemudian empat babak final dengan sistem gugur. Semua babak kualifikasi dan pertandingan dengan sistem gugur dilangsungkan dengan dua leg, kecuali pertandingan final yang merupakan pertandingan tunggal yang diselenggarakan di sebuah tempat yang telah ditentukan oleh UEFA.