Cerita Unik Sejumlah Tim Yang Lolos Kualifikasi Liga Champions

Pada musim 2005-2006 , Liverpool dan Artmedia Bratislava menjadi tim pertama yang mencapai fase grup Liga Champions setelah bermain di tiga babak kualifikasi . Pada 2008-2009 , dua tim yaitu BATE Borisov dan Anorthosis Famagusta mencapai prestasi yang sama . Manchester United memegang rekor untuk penampilan yang paling gemilang dengan berturut-turut masuk babak penyisihan grup , setelah sebanyak 18 kali , diikuti oleh Real Madrid dengan 17 dan Arsenal dengan 16 kali.


Antara 2003 dan 2008 , tidak ada perbedaan antara juara dan non - juara di babak kualifikasi . 16 tim teratas peringkat yang tersebar di seluruh liga domestik terbesar langsung lolos ke babak penyisihan grup turnamen. Sebelum ini , tiga putaran awal kualifikasi mamakai fase knockout dimana tim yang kalah dipangkas, dan tim yang tersisa akan bergabung dengan tim yang berbeda pada putaran berikutnya.

Pengecualian pernah terjadi pada sistem kualifikasi Eropa pada tahun 2005 , setelah Liverpool memenangi Liga Champions tahun sebelumnya , tetapi tidak menduduki peringkat untuk mengikuti kualifikasi Liga Champions di Liga Premier musim itu . UEFA memberikan dispensasi khusus bagi Liverpool untuk masuk ke Liga Champions , sehingga Inggris berhak memiliki lima tim untuk ikut kualifikasi .

UEFA kemudian memutuskan bahwa juara bertahan lolos ke kompetisi tahun berikutnya tanpa harus berada di zona champion di liga domestik mereka. Namun, bagi liga yang memiliki empat jatah peserta di Liga Champions , dan ada satu tim juara di musim sebelumnya berada diluar peringkat empat maka tim urutan keempat di liga tersebut tida bisa lolos.

Jadi tidak dimungkinkan lagi lebih dari empat tim masuk putaran Liga Champions untuk satu negara . Hal ini seperti yang dialami Tottenham pada bulan Mei 2012, Tottenham Hotspur di posisi keempat di Liga Premier , dua peringkat di depan Chelsea , namun gagal lolos ke Liga Champions 2012-2013 , setelah Chelsea memenangkan piala liga champion 2012. Akhirnya Tottenham yang diturunkan ke Liga Europa untuk musim 2012-2013 di tahun itu .